Fitting HDPE

Fitting HDPE atau sambungan pipa HDPE yang kami sediakan memiliki sertifikat lulus Uji dari DAS badan uji internasional dalam segi kualitas. Fitting pipa HDPE sebagai penyambung pipa adalah salah satu komponen dalam pipa yang memiliki fungsi untuk merubah aliran air dalam pipa, yaitu memperkecil atau memperbesar aliran air. Fitting ini juga mempunyai peranan penting selain sebagai penyambung pipa yaitu untuk membelokkan arah pipa HDPE.

Sebagai penyambung pipa HDPE, Fitting terdiri dari 3 varian, yaitu Compression Joint, Butt Fusion dan metode penyambungan Electro Fusion.

Fitting HDPE – Compression Joint

Compression Joint adalah metode penyambungan yang dapat dilakukan tanpa menggunakan mesin penyambung. Pada fitting terdapat drat di kedua sisi untuk menyambungkan pipa. Cara ini biasa dikenal dengan sebutan Mechanical Joint.

Fitting jenis Compression Joint terbuat dari bahan Polypropiline tahan panas dan memiliki tingkat keretakan yang rendah. Alat ini memiliki bagian penjepit yang dapat mengikat bagian pipa yang hendak disambung. Selain itu fitting Compression Joint juga dilengkapi dengan karet di bagian dalam yang berfungsi untuk mencegah kebocoran, terutama pada bagian sambungan.

Fitting HDPE – Electro Fusion

Sesuai dengan namanya, fitting jenis ini menggunakan sistem penyambungan dengan cara electro fusion. Mekanisme penyambungan ini dilakukan dengan cara melelehkan bagian dalam fitting dengan bagian luar pipa.

Aksesoris Electro Fusion memiliki kumparan tembaga di bagian dalamnya yang berfungsi untuk mengkonversi energi listrik menjadi panas. Cara ini pada akhirnya melelehkan bagian dalam fitting dan luar pipa secara bersamaan. Fitting jenis ini direkomendasikan untuk penyambungan pipa saluran gas bertekanan.

Fitting HDPE – Butt Fusion

Butt Fusion adalah metode penyambungan dengan menggunakan mesin las HDPE sebagai penyambung (welding machine). Mekanismenya yaitu memanaskan kedua sisi pipa maupun fitting (antara ujun dengan ujung) hingga meleleh setelah itu disatukan dengan tekanan tertentu (menggunakan fitting moulded/segmented).

Untuk mendukung jenis penyambungan pipa HDPE ini, dibutuhkan aksesoris dengan bahan yang sama, yaitu High Density Polyethilene, seperti pada pipa HDPE. Aksesoris yang digunakan untuk mendukung metode ini adalah jenis Injection Moulding dan Segmented.

Jenis Fitting Berdasarkan Bentuk

Untuk memenuhi kebutuhan pipa saluran air yang berkelok dan bercabang, Fitting ini dibuat dengan berbagai variasi. Mulai dari bentuk hingga ukuran diameter yang beragam sesuai dengan ukuran pipa yang digunakan.

Berikut beberapa jenis Fitting berdasarkan bentuknya:

  • Elbow: Fitting berbentuk huruf “L” atau bentuk siku (Elbow). Fungsinya untuk membelokkan saluran sesuai dengan sudut yang dibutuhkan.
  • Tee: Fitting percabangan, berbentuk seperti huruf “T” dengan 3 percabangan dengan diameter yang sama. Selain itu tersedia juga Tee dengan percabangan dengan ukuran berbeda, dikenal dengan nama Reducer Tee.
  • Reducer: Fitting untuk menyatukan 2 (dua) pipa dengan ukuran diameter yang berbeda.
  • Stub End: Fitting yang digunakan untuk mendukung sistem penyambungan Flange to Flange Joint, yaitu sambungan saluran pipa semi permanen yang bisa dibongkar pasang.
  • Clamp Saddle: Fitting yang dapat difungsikan sebagai percabangan tanpa harus memotong bagian utama pipa. Dilengkapi dengan dratting yang bisa disambungkan dengan valve atau pipa lain.
  • Male Thread / Female Thread: Fitting yang didesain untuk mendukung sambungan dengan sistem ulir (drat). Drat bagian luar disebut Male dan bagian luarnya disebut Female. Jenis fitting ini hanya tersedia untuk metode Compression Joint.

Produk