Mengenal Jenis Fitting Pipa HDPE

Tersedia berbagai macam jenis Fitting Pipa HDPE / Sambungan Pipa HDPE yang merupakan aksesoris pipa hdpe yang dipasang sebagai penyambung atau kebutuhan lainnya pada jalur / saluran pipa HDPE, sesuai dengan disain yang telah dibuat atau atau jalur pipa yang dibutuhkan. Secara umum fitting pipa HDPE di antarnya digunakan untuk:

 

  • Membangun jalur percabangan
  • Membangun jalur belokan
  • Mendukung metode penyambungan
  • Penyambungan antar pipa
  • Menyambung pipa HDPE dengan pipa jenis lain
  • Menyambung jalur pipa HDPE dengan fiting jenis non-HDPE

Biasanya penggunaan fitting ( aksesoris ) pipa HDPE disesuaikan dengan ketebalan dari pipa HDPE yang akan dipergunakan. Begitu banyaknya ketebalan pipa HDPE yang tersedia, kami PT. MUTIARA TIGA BERLIAN, sebagai distributor fitting pipa HDPE hanya menyediakan Fitting HDPE dengan 2 macam ketebalan saja, yaitu Fitting HDPE dengan PN 10 SDR 17 dan PN 16 SDR 11. PN 16 dipakai pada fitting dengan OD 20 s/d 200 dan PN 10 untuk OD yang lebih besar dan seterusnya.

 

Jenis Fitting Pipa HDPE

 

1. Fitting HDPE – MouldedFitting HDPE Jenis Moulded

Fitting jenis Moulded terbuat dari material pelet HDPE yang di-inject membentuk fitting dengan proses pencetakan. Karena diproduksi dengan proses cetak, maka fitting ini tergolong sangat kuat. Proses penyambungannya dilakukan dengan dipanaskan, mengunakan mesin las HDPE / alat penyambung pipa HDPE yang biasa disebut Buttfusion Welding Machine.

 

2. Fitting HDPE – Segmented

Sesuai dengan namanya, fitting HDPE jenis Segmented ini dibuat dari potongan pipa HDPE yang disambung secara manual dengan alat penyambung untuk membentuk fitting HDPE yang bentuknya disesuaikan dengan yang dibutuhkan. Kualitas fitting ini sangat tergantung dari proses pembuatannya. Jika proses pemanasannya tidak sempurna, maka fitting segmented ini akan beresiko pecah atau bocor. Jika digunakan untuk saluran air bertekanan tinggi lebih direkomendasikan untuk menggunakan fitting HDPE jenis Moulded, karena diproduksi dengan proses cetak jsehingga lebih kuat dan aman digunakan untuk saluran air bertekanan tinggi.

 

3. Fitting HDPE – Compression

Fitting HDPE jenis Compression adalah fitting yang menggunakan Drat. Fitting jenis ini sedikit rentan terhadap tekanan karena sistem penyambungannya hanya mengandalkan drat dan lem saja, Jika tekanan air di dalam pipa itu tinggi, fitting compression ini akan pecah. Fitting jenis ini hanya cocok digunakan untuk pipa bertekanan kecil, dan yang biasa digunakan maksimal berdiameter 6 inch saja.

 

4. Fitting HDPE – Electrofusion

Yang membedakan fitting Electrofusion dengan fitting lainnya adalah adanya 2 (dua) pentil, yaitu sebagai kutup positif dan negatif, yang berfungsi sebagai konektor yang digunakan untuk menghubungkan ke mesin Electrofusion pada saat proses penyambungan. Fitting HDPE jenis Electrofusion biasanya digunakan untuk saluran pipa gas. Kelebihan dari fitting jenis ini adalah simple proses penyambunganya, hanya menggunakan alat sederhana dan prosesnya cepat dan praktis untuk instalasi atau pembenahan pada bangunan/gedung.

 

_______

 

PT. Mutiara Tiga Berlian, distributor fitting HDPE dan mesin las pipa HDPE, jual fitting HDPE dan mesin las HDPE berbagai jenis dan tipe dengan harga terbaik.