Mesin Las HDPE Butt Fusion

Mesin las HDPE adalah alat untuk menyambung saluran pipa HDPE. Salah satu cara / metode penyambungan pipa HDPE adalah Butt Fusion (mesin las HDPE Butt Fusion), yaitu penyambungan pipa HDPE dengan cara memanaskan kedua ujung / sisi pipa hingga meleleh dan kemudian menyatukannya dengan tekanan tertentu.

 

Mesin las pipa HDPE dengan metode Butt Fussion dikenal dengan nama Butt Fushion Welding Machine HDPE Pipe, mesin penyambung dua ujung pipa HDPE dengan persenyawaan sempurna. Disebut Butt Fusion karena metode ini menjadikan bagian sambungan pipa HDPE merekat satu dengan yang lain tanpa sekat.

 

Metode Butt Fusion memanfaatkan karakter jenis plastik yang melunak jika mengalami pemanasan dan akan mengeras jika mengalami pendinginan (thermoplastik), terutama jenis PE-HD yang biasa kita kenal dengan sebutan material HDPE. Jenis material ini akan meleleh jika dipanaskan dengan suhu tinggi (220 derajat celcius).

 

Terdapat 3 metode yang bisa dilakukan pada penyambungan pipa HDPE, yaitu:

 

  1. Mechanical Joint, yaitu metode penyambungan tanpa menggunakan alat penyambung,
  2. Metode elektrofusion, penyambungan pipa HDPE dengan fitting electrofusion coupler dengan menggunakan alat khusus,
  3. Butt Fusion Joint, yaitu metode penyambungan dengan menggunakan Mesin Las HDPE.

Dinamakan Butt Fusion, karena metode ini menyambung pipa atau fitting HDPE di antara ujung yang satu dengan yang lainnya. Metode ini dilakukan dengan cara memanaskan ujung dua bagian tersebut dengan Mesin Las HDPE, kemudian disatukan satu dengan yang lainnya. Dengan melalui proses pendinginan masing-masing bagian akan menyatu dengan sempurna. Bagian yang telah mengalami proses pemanasan dan pendinginan ini memiliki kekuatan yang sama layaknya badan pipa secara keseluruhan. Metode panyambungan ini memungkinkan sambungan pipa HDPE memiliki usia penggunaan yang panjang hingga mencapai 50 tahun.

 

Tersedia 2 jenis mesin las HDPE Butt Fusion, yaitu model Manual dan Otomatis. Mesin las HDPE Manual adalah alat untuk menyambung pipa HDPE yang menggunakan daya dorong manual menggunakan daya dorong manusia, sedangkan mesin las HDPE Otomatis menggunakan mesin khusus yang berfungsi sebagai pendorong.

 

Tanpa bantuan mesin, mesin las pipa HDPE Butt Fusion Manual bekerja dengan menggunakan daya dorong manusia dengan memutar melalui tuas khusus untuk melakukan gerakan maju-mundur pipa pada saat proses penyerutan, pemanasan dan penyambungan.

 

Mesin penyambung pipa HDPE metode Butt Fusion otomatis menggunakan mesin khusus yang berfungsi mendorong gerakan maju-mundur pipa. Media pendorong yang digunakan alat ini adalah media dengan sistem hidrolis. Oleh karena itu mesin ini dikenal dengan sebutan mesin las HDPE hidrolis.

Bagian Penting Pada Mesin Las HDPE

Pemanas Teflon

Bagian ini berfungsi untuk melelehkan bagian ujung pipa atau fitting pipa HDPE yang akan disambung. Di bagian kanan dan kiri alat ini terdapat pemanas anti lengket yang bertujuan untuk melakukan pemanasan sekaligus pada dua sisi yang akan disambung. Biasanya bagian ini terhubung dengan panel monitor, yang berfungsi untuk memonitor suhu yang paling ideal sebelum melakukan proses pemanasan. Lamanya waktu proses pemanasan juga dapat dihitung / diketahui melalui panel monitor ini.

 

Mesin Penyerut

Mesin ini dilengkapi dengan mata pisau sebagai alat untuk meratakan dua ujung pipa dalam waktu yang cukup singkat, merapikan dan mensejajarkan sekaligus permukaan pipa atau fiting pipa HDPE yang selanjutnya akan disambung dengan mesin las HDPE. Prosedur penyerutan dilakukan dengan dua panel yang dapat bekerja pada waktu yang bersamaan. Jika prosedur ini dilakukan dengan baik, akan menghasilkan sambungan yang berkualitas dan sekaligus akan memperlancar proses penyambungan pada mesin las pipa HDPE.

 

Ragum Pengikat Posisi Pipa

Bagian ini berfungsi untuk mengikat posisi pipa atau fitting HDPE agar tidak bergeser yang bergerak untuk proses pemanasan, penyerutan dan penyambungan. Ragum memiliki penguncian drating, dilengkapi dengan rel pada bagian bawah yang fungsinya untuk menggerakkan pipa atau fitting HDPE yang akan disambung.

 

Mesin Hidrolik atau Manual

Mesin las HDPE dengan pendorong manual ataupun hidrolik berfungsi untuk menggerakkan maju mundur pipa atau fitting HDPE dalam beberapa proses, seperti penyerutan, pemanasan dan proses penyambungan.

 

Monitor Panas dan Waktu

Dalam Mesin Las HDPE bagian ini berfungsi untuk memonitor sudah berapa tinggi suhu alat pemanas sebelum digunakan untuk melelehkan ujung pipa atau fitting HDPE.

 

 

Informasi Bagian Mesin Las / Penyambung Pipa HDPE

 

Proses Penyambungan dengan Mesin Las HDPE

Metode penyambungan pipa HDPE dengan pemanasan hinga meleleh (butt fusion) secara umum memiliki beberapa langkah penting, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Memastikan pipa HDPE terikat pada posisi yang benar dan lurus pada ragum
  • Setelah memastikan posisi sudah benar, proses penyerutan dapat dilakukan untuk meratakan bagian ujung pipa dengan fittting yang hendak disambung.
  • Setelah memiliki bagian yang sudah rata, proses pemanasan baru dapat dilakukan dengan suhu -/+ 220 derajat Celcius, dengan lamanya waktu yang disesuaikan dengan diameter pipa.
  • Setelah proses pemanasan dilakukan, kedua ujung pipa dan / atau fitting HDPE didorong dan disambung satu dengan yang lain dengan benar agar sambungan menyatu dengan sempurna.
  • Selanjutnya bagian sambungan dibiarkan selama beberapa menit hingga mengeras, seperti sebagaimana bagian tubuh pipa.

Melalui proses pemasangan yang benar dan tepat akan menjadikan bagian yang tersambung menyatu dengan baik dan benar. Persenyawaan yang sempurna bahkan membuat bagian ini setangguh badan pipa.

 

Dengan prosedur penyambungan seperti ini dan material pipa HDPE yang memiliki ikatan molekul yang kuat, membuat jalur pipa yang dibangun sanggup bertahan hingga 50 tahun, dengan melalui proses yang singkat dan biaya perawatan yang ringan.