Mengenal Pipa HDPE

Mengenal Pipa HDPESebelum mengetahui lebih jauh tentang fitting HDPE sebagai media sambungan / penutup pipa HDPE, ada baiknya lebih dahulu mengenal pipa HDPE, yaitu jenis pipa plastik fleksibel yang digunakan untuk transfer zat cair dan gas dan sering digunakan untuk menggantikan pipa induk beton atau baja yang sudah tua. Terbuat dari HDPE termoplastik (High Density Polyethylene), tingkat impermeabilitasnya (tidak berpori; sifat yang tidak dapat ditembus cairan dan gas) yang tinggi dan ikatan molekul yang kuat membuatnya cocok untuk pipa bertekanan tinggi. Pipa HDPE sudah digunakan di seluruh dunia untuk saluran air, saluran gas, saluran pembuangan, irigasi, saluran pasokan sistem kebakaran, saluran listrik dan komunikasi, air hujan dan pipa drainase.

 

Keuntungan Menggunakan Pipa HDPE

Mengenal pipa HDPE yang utama adalah mengetahui keuntungan menggunakan pipa HDPE. Ketangguhan dan ketahanan terhadap bahan kimia Polyethylene serta ketahanan terhadap korosi dan bobot yang ringan telah berkontribusi pada peningkatan penggunaan pipa HDPE di mana sistem saluran air/cairan  dan gas yang hemat biaya dan tahan lama diperlukan. Pipa HDPE telah digunakan untuk saluran air dan cairan lain di Eropa dan Amerika sejak lama karena daya tahannya, bebas bocor, tahan terhadap korosi, dan efisiensi biaya jangka panjang.

 

Pipa HDPE dapat disambung menggunakan mesin las hdpe dengan pengelasan butt (Butt Welding), pengelasan elektrofusi (Electrofusion Welding), pengelasan soket, atau pengelasan ekstrusi (Extrusion Welding). Penyambungan pipa biasanya menggunakan fitting pipa HDPE, berjalan dengan memanaskan pipa selama proses penyambungan, menghasilkan sambungan yang benar-benar homogen sehingga hasil las menjadi sekuat, atau lebih kuat dari pipa yang ada di kedua sisi yang dilas. Tidak perlu menggunakan seal karet (Rubber Seal) atau penyambung berupa bahan kimia, seperti yang digunakan pada penyambungan pipa PVC, yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lingkungan dan meningkatkan kemungkinan kegagalan bersamaan waktu. HDPE cenderung tidak memiliki masalah dengan penerobosan akar, dan memberikan integritas untuk pipa, walaupun dipasang di tanah yang tidak stabil.

 

Karena sistem pengelasan fusion, kebutuhan akan angkur atau blok penahan dorong dihilangkan, karena sambungan menjadi sepenuhnya tahan beban akhir, mengurangi biaya material dan waktu pemasangan. Ini juga memungkinkan penggalian yang lebih aman di dekat pipa di masa depan, yang sangat penting untuk pipa gas bertekanan tinggi. Gulungan Pipa HDPE membuat pemasangan tanpa parit lebih aman dan tidak mengganggu lingkungan sekitar.

 

Sistem Pipa HDPE tersedia untuk banyak aplikasi, anatar lain untuk saluran air, saluran pipa saluran pasokan sistem kebakaran, saluran pembuangan dan saluran pipa gas, serta pengeboran horizontal untuk saluran telekomunikasi dan listrik. Menurut perusahaan yang memproduksi HDPE, sistem HDPE hemat biaya untuk dipasang dan memiliki penghematan biaya pemeliharaan jangka panjang dan juga memungkinkan teknik pemasangan yang lebih hemat biaya, seperti HDD (horizontal directional drilling; pengeboran arah horizontal), sliplining, pipa meledak, pipa mengambang dan terendam.

 

Pipa HDPE sangat tahan lama dan fleksibel dan dapat ditekuk di lokasi hingga radius dua puluh lima kali diameter pipa nominal – untuk pipa SDR11 dan SDR17, pada atau di bawah suhu sekitar 20°C. Ini memberikan penghematan biaya yang besar, jika dibandingkan dengan sistem pipa yang berbeda, beberapa di antaranya memerlukan alat kelengkapan yang direkatkan, penahan atau blok dorong bahkan untuk perubahan arah yang kecil sekalipun. Karena ketahanan benturan yang tinggi dan fleksibilitas pipa HDPE, pipa ini sangat cocok untuk dipasang di tanah dinamis termasuk di daerah rawan gempa. Pipa HDPE mempunyai kapasitas aliran yang sangat tinggi, karena metode penyambungannya yang halus dari ujung ke ujung. Pipa HDPE tidak menyebabkan korosi di lingkungan, dan akan mempertahankan kemampuan alirannya bersamaan waktu, tidak seperti sistem saluran pipa besi, yang bisa berkarat dan menimbulkan resistensi internal terhadap cairan yang mengalir melaluinya.

 

Karena yang digunakan untuk membuat pipa HDPE adalah bahan murni Polyethylene Food Grade, maka aman untuk mentransfer air minum, asalkan semua kotoran awal telah dibuang. Pipa HDPE tahan terhadap berbagai macam bahan kimia, memudahkan penggunaannya di pabrik pengolahan atau di sekitar lingkungan yang banyak mengandung asam, tanpa perlu menggunakan lapisan pelindung atau galvanis, seperti yang dipersyaratkan pada pipa baja. Karena HDPE memiliki sifat penghantar panas yang sangat rendah, HDPE dapat mempertahankan suhu yang lebih stabil dibandingkan dengan pipa logam saat membawa cairan yang akan sangat mengurangi kebutuhan proses perpindahan panas untuk mengontrol kondensasi di sekitar pipa.

 

_______

 

PT. Mutiara Tiga Berlian, distributor fitting HDPE dan mesin las pipa HDPE, jual fitting HDPE dan mesin las HDPE berbagai jenis dan tipe dengan harga terbaik.